Drop Down Menu

Sunday 28 September 2014

Bahaya Sifat Sombong (II)

Penyunting: Khoiru da’i


Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi kita, Nabi Muhammad Shallallu ‘Alaihi Wasallam, beserta para keluarganya juga orang-orang yang senantiasa istiqomah berada di atas jalan-Nya.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengangkat tema tentang sifat sombong. Makalah ini kita sarikan dari kumpulan khutbah Syeikh Abdul Muhsin Muhammad Qosim.



Para Jamaah Sekalian

Karena sangat buruknya sifat sombong sampai-sampai Nabi Allah Musa alaihi salam berlindung kepada Allah dari orang-orang sombong. Allah berfirman:

“Dan Musa berkata: “Sesungguhnya aku berlindung kepada Tuhanku yang juga Tuhanmu dari setiap orang yang menyombongkan diri yang tidak beriman kepada hari berhisab”. (Ghafir: 27)


Hati orang-orang yang sombong dikunci oleh Allah sehingga tidak bisa melihat hidayah. Allah berfirman:

“(Yaitu) orang-orang yang memperdebatkan ayat-ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada mereka. Amat besar kemurkaan (bagi mereka) di sisi Allah dan di sisi orang-orang yang beriman. Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yang sombong dan sewenang-wenang.” (Ghafir: 35)


Hati orang-orang yang sombong juga dipalingkan dari hidayah. Allah berfirman:

“Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya di muka bumi tanpa alasan yang benar dari tanda-tanda kekuasaan-Ku. Mereka jika melihat tiap-tiap ayat(Ku), mereka tidak beriman kepadanya. Dan jika melihat jalan yang membawa petunjuk, mereka tidak mau menempuhnya, tetapi jika mereka melihat jalan kesesatan, mereka terus menempuhnya. Yang demikian itu adalah karena mereka mendustakan ayat-ayat Kami dan mereka selalu lalai dari padanya.” (Al A’raf: 147) 

Kesombongan juga menyebabkan disegerakannya hukuman Allah di dunia diriwayatkan oleh Imam Muslim dari sahabat Salam bin Alaqwa’

Bahwasanya seseorang makan bersama rasulullah menggunakan tangan kirinya lalu rasulullah berkata kepadanya “makanlah dengan tangan kananmu! Lalu orang tersebut menjawab “aku tidak bisa”, lalu rasulullah berkata “semoga kamu tidak bisa lagi menggunakan tangan kananmu”, berkatalah sahabat Salamah, “setelah itu orang tersebut tidak bisa lagi mengangkat tangannya ke mulutnya”. (Muslim)


Ayyuhal Muslimun Rahimakumullah

Orang-orang yang sombong juga akan dihinakan pada hari kiamat. Nabi bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh Al Bazaar:

“Orang-orang sombong dan orang-orang yang semena-mena akan dikumpulkan dalam wujud anak-anak semut yang akan diinjak-injak oleh manusia karena kehinaan mereka di sisi Allah.” (HR. Al Bazaar)

Sombong juga salah satu sebab seseorang dimasukkan di neraka. Allah berfirman:

“Dan pada hari kiamat kamu akan melihat orang-orang yang berbuat dusta terhadap Allah, mukanya menjadi hitam. Bukankah dalam neraka jahannam itu ada tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri? (Az-Zumar: 60) 

Nabi bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim:

“Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya ada sifat sombong walaupun hanya sedikit.” (HR. Muslim)

Nabi juga bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim:

“Maukah kalian aku beri tau siapa itu ahli penghuni neraka? Mereka adalah orang-orang yang kasar hatinya keras, juga orang yang tidak bersabar juga orang yang menyombongkan diri.” (Muttfaqun ‘alaih).

Demikian khutbah ini wasallamu ala nabiyina Muhammad wa ala alihi wa shahbihi wa sallama tasliman katsiran.



*diambil dari Mimbar Ulama Majalah Taujih Edisi Juni 2014

No comments:

Post a Comment