Drop Down Menu

Thursday 23 October 2014

Tata Cara Sujud Tilawah

Pertanyaan

Assalamualaikum Wr. Wb,
Ada satu hal yang ingin saya tanyakan mengenai tata cara sujud tilawah. Sebenarnya bagaimana cara sujud tilawah yang benar, yaitu ketika sampai kata “sujud” atau harus menyelesaikan sampai akhir ayat, baru sujud?


Jawaban

Assalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sujud tilawah dianjurkan untuk dilakukan ketika membaca atau mendengar ayat yang berisi sujud (sajadah). Dalam Alquran terdapat lima belas tempat yang berisi ayat sajadah.

Kapan sujud tersebut dilakukan? Yaitu saat sudah membaca ayatnya secara keseluruhan. Dalam syarah al-Muhadzdzab disebutkan, “Waktu sujud tilawah adalah ketika sudah membaca atau mendengar ayat (sajadah). Adaikan bersujud sebelum sampai ke akhir ayat sajadah meski satu huruf saja, hal itu tidak dibenarkan.” Jadi sujud sajadah baru dilakukan ketika sudah selesai dari membaca atau mendengar ayat sajadah secara sempurna.

Caranya adalah dengan bertakbir lalu bersujud dan kemudian bertakbir lagi ketika mengangkat kepala dari sujud. Sebagian ulama tidak mengharuskan takbir kedua. Yang penting adalah takbir pertama ketika akan bersujud.

Adapun terkait dengan apakah harus berwuduk atau tidak? Serta apa harus menghadap kiblat? Para ulama berbeda pendapat.

Wallahu’alam bish shawab.

 
*diambil dari Buletin Al Iman (telagainsanberiman@gmail.com)

No comments:

Post a Comment