Kita yang sudah menjadi orang tua tentu senantiasa
berharap, berdo’a dan berusaha semaksimal mungkin agar anak-anak kita
kelak menjadi anak-anak yang shalih, anak-anak yang bermanfaat. Namun
siapa yang bertanggung jawab menjadikan mereka anak shalih, apakah orang
tua? Ataukah sekolah dan para gurunya?
Beruntungnya Orang Tua Yang Memiliki Anak Shalih
Sungguh beruntung dan berbahagialah orang tua yang telah
mendidik anak-anak mereka sehingga menjadi anak yang shalih, yang selalu
membantu orang tuanya, mendo’akan orang tuanya, membahagiakan mereka
dan menjaga nama baik kedua orang tua. Karena anak yang shalih akan
senantiasa menjadi investasi pahala, sehingga orang tua akan mendapat
aliran pahala dari anak shalih yang dimilikinya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ
إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ
يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
“Apabila seorang telah meninggal dunia, maka seluruh
amalnya terputus kecuali tiga, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang
bermanfaat dan anak shalih yang mendo’akannya.” (HR. Muslim: 1631).
إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ لَيَرْفَعُ الدَّرَجَةَ
لِلْعَبْدِ الصَّالِحِ فِي الْجَنَّةِ فَيَقُولُ يَا رَبِّ أَنَّى لِي
هَذِهِ فَيَقُولُ بِاسْتِغْفَارِ وَلَدِكَ لَكَ
“Sesunguhnya Allah ta’ala akan mengangkat derajat
seorang hamba yang shalih di surge. Kemudian dia akan berkata, “Wahai
Rabb-ku, bagaimana hal ini bisa terjadi padaku? Maka Allah menjawab,
“Hal itu dikarenakan do’a yang dipanjatkan anakmu agar kesalahanmu
diampuni.” (HR. Ahmad: 10618. Hasan).
Oleh karenanya, saking urgennya pembinaan dan pendidikan sang anak sehingga bisa menjadi anak yang shalih, Allah ta’ala langsung membebankan tanggung jawab ini kepada kedua orang tua. Allah ta’ala berfirman dalam sebuah ayat yang telah kita ketahui bersama,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ (٦)
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (At Tahrim: 6).
Seorang tabi’in, Qatadah, ketika menafsirkan ayat ini mengatakan,
تأمرهم بطاعة الله وتنهاهم عن معصية الله وأن تقوم عليهم
بأمر الله وتأمرهم به وتساعدهم عليه فإذا رأيت لله معصية ردعتهم عنها
وزجرتهم عنها
“Yakni, hendaklah engkau memerintahkan mereka untuk
berbuat taat kepada Allah dan melarang mereka dari berbuat durhaka
kepada-Nya. Dan hendaklah engkau menerapkan perintah Allah kepada mereka
dan perintahkan dan bantulah mereka untuk menjalankannya. Apabila
engkau melihat mereka berbuat maksiat kepada Allah, maka peringatkan dan
cegahlah mereka.” (Tafsir al-Quran al-’Azhim 4/502).
Demikian pula, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memikulkan tanggung jawab pendidikan anak ini secara utuh kepada kedua orang tua. Dari Ibnu radhiallahu ‘anhu, bahwa dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
الْإِمَامُ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي
أَهْلِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
“Setiap kalian adalah pemimpin dan akan dimintai
pertanggungjawaban atas kepemimpinannya. Seorang imam adalah pemimpin
dan akan dimintai pertanggunjawabannya dan demikian juga seorang pria
adalah seorang pemimpin bagi keluarganya dan akan dimintai
pertanggungjawaban atas kepemimpinannya.” (HR. Bukhari: 2278).
Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhuma berkata,
أدب ابنك فإنك مسؤول عنه ما ذا أدبته وما ذا علمته وهو مسؤول عن برك وطواعيته لك
“Didiklah anakmu, karena sesungguhnya engkau akan
dimintai pertanggungjawaban mengenai pendidikan dan pengajaran yang
telah engkau berikan kepadanya. Dan dia juga akan ditanya mengenai
kebaikan dirimu kepadanya serta ketaatannya kepada dirimu.”(Tuhfah al Maudud hal. 123).
Tanggung Jawab Orang Tua
Tanggung jawab pendidikan anak ini harus ditangani langsung
oleh kedua orang tua. Para pendidik yang mendidik anak di
sekolah–sekolah, hanyalah partner bagi orang tua dalam proses pendidikan
anak.
Orang tua yang berusaha keras mendidik anaknya dalam
lingkungan ketaatan kepada Allah, maka pendidikan yang diberikannya
tersebut merupakan pemberian yang berharga bagi sang anak, meski
terkadang hal itu jarang disadari. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan
Al-Hakim, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
ما نحل والد ولده أفضل من أدب حسن
“Tiada suatu pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik.” (HR. Al Hakim: 7679).
Mengenai tanggung jawab pendidikan anak terdapat perkataan yang berharga dari imam Abu al-Hamid al-Ghazali rahimahullah.
Beliau berkata, “perlu diketahui bahwa metode untuk melatih/mendidik
anak-anak termasuk urusan yang paling penting dan harus mendapat
prioritas yang lebih dari urusan yang lainnya. Anak merupakan amanat di
tangan kedua orang tuanya dan qalbunya yang masih bersih merupakan
permata yang sangat berharga dan murni yang belum dibentuk dan diukir.
Dia menerima apa pun yang diukirkan padanya dan menyerap apa pun yang
ditanamkan padanya. Jika dia dibiasakan dan dididik untuk melakukan
kebaikan, niscaya dia akan tumbuh menjadi baik dan menjadi orang yang
bahagia di dunia dan akhirat. Dan setiap orang yang mendidiknya, baik
itu orang tua maupun para pendidiknya yang lain akan turut memperoleh
pahala sebagaimana sang anak memperoleh pahala atas amalan kebaikan yang
dilakukannya. Sebaliknya, jika dibiasakan dengan keburukan serta
ditelantarkan seperti hewan ternak, niscaya dia akan menjadi orang yang
celaka dan binasa serta dosa yang diperbuatnya turut ditanggung oleh
orang-orang yang berkewajiban mendidiknya” (Ihya Ulum al-Din 3/72).
Senada dengan ucapan al-Ghazali di atas adalah perkataan al-Imam Ibnu al-Qayyim rahimahullah, “Siapa
saja yang mengabaikan pendidikan anaknya dalam hal-hal yang berguna
baginya, lalu dia membiarkan begitu saja, berarti dia telah berbuat
kesalahan yang fatal. Mayoritas penyebab kerusakan anak adalah akibat
orang tua mengabaikan mereka, serta tidak mengajarkan berbagai kewajiban
dan ajaran agama. Orang tua yang menelantarkan anak-anaknya ketika
mereka kecil telah membuat mereka tidak berfaedah bagi diri sendiri dan
bagi orang tua ketika mereka telah dewasa. Ada orang tua yang mencela
anaknya yang durjana, lalu anaknya berkata, “Ayah, engkau durjana
kepadaku ketika kecil, maka aku pun durjana kepadamu setelah aku besar.
Engkau menelantarkanku ketika kecil, maka aku pun menelantarkanmu ketika
engkau tua renta.” (Tuhfah al-Maudud hal. 125).
Orang Tua Shalih, Anak pun Shalih!
“Hazm mengatakan, “Saya mendengar al-Hasan al-Bashri ditanya oleh Katsir bin Ziyad mengenai firman Allah ta’ala, “
وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ
أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا
لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا (٧٤)
“Ya Rabb kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri
kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah
kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (Al Furqan: 74).
Katsir bin Ziyad bertanya kepada al-Hasan, “Wahai Abu
Sa’id, apakah yang dimaksud qurrata a’yun (penyenang hati) dalam ayat
ini terjadi di dunia ataukah di akhirat? Maka al-Hasan pun menjawab,
“Tidak, bahkan hal itu terjadi di dunia.” Katsir pun bertanya kembali,
“Bagaimana bisa?” al-Hasan menjawab, “Demi Allah, Allah akan
memperlihatkan kepada seorang hamba, istri, saudara dan kolega yang taat
kepada Allah dan demi Allah tidak ada yang menyenangkan hati seorang
muslim selain dirinya melihat anak, orang tua, kolega dan saudara yang
tumbuh dalam ketaatan kepada Allah ‘azza wa jalla.” (Tuhfah al Maudud hal. 123).
Betapa indahnya, jika kita memandang anak-anak kita menjadi
anak yang shalih, karena hal itu salah satu penyejuk pandangan kita.
Namun yang patut kita perhatikan adalah faktor yang juga mengambil peran
penting dalam pembentukan keshalehan anak adalah keshalihan orang tua
itu sendiri.
Jika kita menginginkan anak-anak shalih, maka kita juga
harus menjadi orang yang shalih. Ada pepatah Arab yang bagus mengenai
hal ini,
كيف استقم الظل و عوده أعوج
“Bagaimana bisa bayangan itu lurus sementara bendanya bengkok?”
Kita selaku orang tua adalah bendanya sedangkan anak-anak
kita adalah bayangannya. Jika diri kita bengkok, maka anak pun akan
bengkok dan rusak. Dan sebaliknya, jika diri kita lurus, maka insya Allah anak-anak akan lurus.
Allah ta’ala berfirman,
ذُرِّيَّةً بَعْضُهَا مِنْ بَعْضٍ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
“Keturunan itu sebagiannya merupakan (turunan) dari yang lain.” (Ali Imran: 34).
Maksud dari ayat di atas adalah orang tua yang baik, sumber yang baik, insya Allah akan menghasilkan keturunan yang baik pula.
Keshalihan orang tua juga akan memberikan manfaat positif,
karena Allah akan menjaga sang anak. Allah berfirman dalam surat
al-Kahfi ayat 82,
وَأَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلامَيْنِ يَتِيمَيْنِ فِي
الْمَدِينَةِ وَكَانَ تَحْتَهُ كَنْزٌ لَهُمَا وَكَانَ أَبُوهُمَا
صَالِحًا فَأَرَادَ رَبُّكَ أَنْ يَبْلُغَا أَشُدَّهُمَا وَيَسْتَخْرِجَا
كَنْزَهُمَا رَحْمَةً مِنْ رَبِّكَ وَمَا فَعَلْتُهُ عَنْ أَمْرِي ذَلِكَ
تَأْوِيلُ مَا لَمْ تَسْطِعْ عَلَيْهِ صَبْرًا (٨٢)
“Adapun dinding rumah itu adalah kepunyaan dua orang
anak yatim di kota itu, dan di bawahnya ada harta benda simpanan bagi
mereka berdua, sedang ayahnya adalah seorang yang saleh.” (Al Kahfi: 82).
Dalam ayat ini diberitakan bahwa dikarenakan keshalihan
orang tua, Allah menjaga dan memelihara sang anak, serta tidak
mengecewakan orang tua. Oleh karenanya, keshalihan orang tua itu akan
berpengaruh pada sang anak, bahkan manfaat itu tidak terbatas pada sang
anak semata, tapi juga berdampak kepada cucu-cucunya sebagaimana
diriwayatkan oleh al-Hafizh Ibnu Katsirrahimahullah bahwa yang dimaksud ” وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحًا ” dalam ayat tersebut adalah kakek ketujuh dari dua anak tadi.
Kelak di surga, Allah ta’ala pun akan mengumpulkan
sang anak bersama orang tua mereka yang shalih, meskipun amalan sang
anak tidak dibanding amalan orang tua.
وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ
بِإِيمَانٍ أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَا أَلَتْنَاهُمْ مِنْ
عَمَلِهِمْ مِنْ شَيْءٍ كُلُّ امْرِئٍ بِمَا كَسَبَ رَهِينٌ (٢١)
“Dan orang-orang yang beriman, dan anak cucu mereka yang
mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan
mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka.
tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.” (Ath Thuur: 21).
Maka disini, Allah ta’ala memasukkan anak-anak orang
mukmin ke dalam surga dengan syarat mereka juga beriman. Maka, betapa
menyenangkannya, jika kita berkumpul bersama keluarga kita di surga
sebagaimana kita berkumpul di dunia ini. Meskipun amal ibadah sang anak
tidak sepadan dengan kedua orang tuanya, amalnya kurang daripada orang
tuanya, namun Allah tetap memasukkan keturunannya ke dalam surga. Karena
apa? Karena keshalehan kedua orang tuanya.
Betapa pentingnya hal ini, yaitu menjadikan pribadi kita,
yaitu orang tua, menjadi pribadi yang shalih, sampai-sampai salah
seorang yang shalih pernah mengatakan,
يا بني إني لأستكثر من الصلاة لأجلك
“Wahai anakku, sesungguhnya aku memperbanyak shalat karenamu (dengan harapan Allah akan menjagamu).”
Ada seorang tabi’in yang bernama Sa’id ibn al-Musayyib rahimahullah juga pernah berkata,
إني لأصلي فأذكر ولدي فأزيد في صلاتي
“Ada kalanya ketika aku shalat, aku teringat akan
anakku, maka aku pun menambah shalatku (agar anak-anakku dijaga oleh
Allah ta’ala).”
Maka, mari kita menjadikan diri kita sebagai pribadi yang
baik, taat kepada Allah dan shalih, kita jalankan perintah-perintah
Allah dan meninggalkan larangan-larangan-Nya dengan harapan nantinya
Allah ta’ala menjaga dan memelihara anak-anak kita.
—
Penulis: Muhammad Nur Ichwan Muslim
*diambil dari artikel www.muslim.or.id
No comments:
Post a Comment