Drop Down Menu

Thursday 9 October 2014

Kegiatan Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha 1435 H/ 2014 M

Salah satu hewan kurban yang diterima Musholla Al Hidayah
Alhamdulillah, Segala Puji bagi Allah swt atas segala limpahan nikmat, rahmat, hidayah dan inayah-Nya. Sholawat dan Salam selalu tercurah kepada Rasulullah saw dan keluarganya, para pemimpin umat dan para pengikutnya sampai akhir jaman.

Pada tahun 1435 H /2014 M ini, Musholla Al Hidayah sukses dalam menumbuhkan semangat berkurban warga di lingkungan sekitarnya sehingga terhimpun hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

Apabila dilihat dari segi sumber hewan kurbannya, kegiatan pemotongan hewan kurban tahun ini terbagi menjadi 2 kategori yaitu:
  1. Sumbangan Kolektif 1 ekor sapi (dari 7 orang warga sekitar Musholla Al Hidayah)
  2. Sumbangan Personal (Keluarga) sebanyak 2 ekor sapi dan 5 ekor kambing.
Hewan Kurban Siap Untuk Dilakukan Penyembelihan

Ada hal baru dalam hal pelaksanaan kegiatan penyembelihan hewan kurban tahun ini apabila dibandingkan dengan kegiatan yang sama pada tahun-tahun sebelumnya. Yaitu adanya seragam panitia yang berfungsi sebagai identitas pembeda antara panitia kurban dengan non panitia. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 



Panitia Kurban Musholla Al Hidayah Menggunakan Seragam Kepanitiaan
Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban yang berhasil dihimpun oleh Musholla Al Hidayah dilaksanakan pada hari Minggu, 05 Oktober 2014 atau Ahad, 10 Dzulhijjah 1435 H sesuai dengan penetapan waktu Idul Adha dari pemerintah. Proses penyembelihan hewan kurban ini dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00. 

Prosesi Penyembelihan Hewan Kurban

Hewan yang disembelih terlebih dahulu adalah hewan sapi dengan disaksikan oleh masing-masing Sohibul Qurban dan diiringi dengan pekikan takbir. Setelah ketiga sapi sudah disembelih, kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan kurban kambing.


Panitia Kurban Musholla Al Hidayah Sedang Menguliti Hewan Yang Sudah di Sembelih

Prosesi kegiatan penyembelihan hewan kurban Musholla Al Hidayah ini terbagi menjadi 2 lokasi berdasarkan jenis kegiatannya. Lokasi pertama adalah lokasi penyembelihan, pengulitian/ pemisahan kulit hewan kurban, dan pembersihan usus hewan kurban di area proyek double-double track kereta api (belakang rumah Bpk Surip Sunarto) dan lokasi kedua yang berada di teras Musholla Al Hidayah digunakan sebagai tempat pemotongan daging, jeroan, usus dan tulang, penimbangan hasil kurban serta pengepakan hasil kurban.

Secara teknis, proses penyembelihan dan pemisahan kulit hewan kurban ini selesai pukul 09.30. Bagian-bagian tubuh hewan kurban kemudian di angkut menuju ke teras Musholla Al Hidayah dengan menggunakan gerobak milik RT. 09. Kemudian dilanjutkan kegiatan pemotongan daging, jeroan dan tulang dan pengelompokannya. 


Tulang dan Jeroan Hasil Kurban di Kelompokkan Berdasarkan Jumlah Penerima

Menjelang memasuki waktu sholat Dhuhur, seluruh hasil kurban selain potongan daging, di bagi berdasarkan jumlah penerima hasil kurban dan bagian hak dari sohibul qurban. Kemudian daging yang sudah selesai dipotong menjadi bagian-bagian kecil dikumpulkan dan ditimbang secara keseluruhan agar diketahui berat daging bersih. Dari berat daging bersih yang didapat nantinya akan dibagikan kepada orang-orang yang berhak menerima daging kurban yang berada di sekitar Musholla Al Hidayah.


Penimbangan Daging Hasil Kurban

Setelah istirahat, sholat dan makan siang bersama di Musholla Al Hidayah, kemudian panitia mulai memasukkan potongan daging, jeroan dan tulang hasil kurban ke dalam plastik dan kemudian siap didistribusikan sesuai dengan daftar orang-orang yang berhak menerima daging kurban dari Ketua RT 09 Bpk Samsi.

Menjelang pukul 14.00, sebagian besar daging hasil kurban didistribusikan kepada orang-orang yang berhak menerima oleh Remaja Musholla Al Hidayah dengan bimbingan langsung dari Ketua Musholla Al Hidayah, Bpk. Abdul Basir.

Dengan demikian, prosesi kegiatan pemotongan hewan kurban tahun 2014 M/ 1435 H berikut distribusinya dapat diselesaikan dengan sukses dan lancar berkat Hidayah Allah swt serta usaha dan kerjasama dari Panitia Kegiatan Idul Adha 1435 H. Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut dan semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta semangat berkurban bagi warga di sekitar Musholla Al Hidayah Cipinang. 


Adapun mengenai dokumentasi pemotongan hewan kurban Musholla Al Hidayah bisa dilihat pada halaman berikut.

No comments:

Post a Comment