Drop Down Menu

Wednesday 14 January 2015

Selebriti Langit

Selebriti Langit“Jadilah kalian yang dikenali para penghuni langit namun kalian tidak dikenal para penghuni bumi.”(Abdullah bin Mas’ud ra. dari Ibrahim bin Isa, Shifatush-Shafwah, 1/415)

Ali bin Husain adalah seorang ulama dan imam besar, pemimpinnya para ulama tabi’in. Namun semasa hidupnya dia terkenal bakhil/pelit oleh keluarga dan masyarakatnya. Keluarganya mengira dia hanya menumpuk dirhamnya saja tanpa pernah menyedekahkannya. Namun tatkala Ali Al Husain meninggal dunia, maka terbukalah rahasia-rahasia yang ada pada dirinya.


Rahasia yang pertama, sejak meninggalnya Ali bin Al Husain maka seluruh penduduk Madinah yang miskin tidak mendapatkan lagi santunan dari seseorang yang tidak dikenal setiap malamnya yang bisa mencukupi makannya. “Kami tidak pernah kehilangan shadaqah yang diberikan secara sembunyi-sembunyi hingga Ali meninggal dunia.”

Rahasia yang kedua adalah, ditemukannya bekas hitam pada pundaknya ketika mereka memandikan mayatnya. Dari ‘Amr bin Tsabit berkata, “Tatkala Ali bin Husain meninggal mereka memandikan mayatnya lalu mereka melihat bekas hitam pada pundaknya, lalu mereka bertanya: “Apa ini?”, lalu dijawab: “Beliau selalu memikul berkarung-karung tepung pada malam hari untuk diberikan kepada faqir miskin yang ada di Madinah.” Muhammad bin Ishaq menuturkan, “Penduduk Madinah hidup dengan makanan itu, sementara mereka tidak tahu siapa yang telah memberikan makanan itu kepada mereka. Setelah Ali bin Husain meninggal dunia, maka mereka tidak lagi mendapatkan makanan pada malam hari.”

Lihatlah bagaimana Ali bin Al Husain menyembunyikan amalannya hingga penduduk Madinah tidak ada yang tahu, mereka baru tahu tatkala beliau meninggal, karena sedekah yang biasanya mereka terima di malam hari berhenti, dan mereka juga menemukan tanda hitam di pundak beliau. Bahkan beliau dituduh oleh manusia sebagai orang yang bakhil, namun di mata Allah swtdia memiliki banyak rahasia antara dirinya dengan Rabbnya.

Ali bin Al Husain pernah berkata, “Ya Allah, aku berlindung kepada Mu agar Engkau tidak memperindah penampilanku pada apa yang tampak mata, dan membuat buruk rahasiaku pada apa yang tampak mata.” Dan beliau juga berkata, “Sesungguhnya sedekah dengan tersembunyi memadamkan kemarahan Allah swt”.Ini merupakan hadits yang marfu’ dari Nabi saw yang diriwayatkan dari banyak sahabat, seperti Abdullah bin Ja’far, Abu Sa’id Al Khudri, Ibnu Abbas, IbnuMas’ud, Ummu Salamah, Abu Umamah, Mu’awiyah bin Haidah, dan Anas bin Malik.


*diambil dari artikel Ibrah www.daarusyahadah.com

No comments:

Post a Comment