Drop Down Menu

Wednesday 23 July 2014

Kegiatan Pengadaan Keranda berikut Pemandian Jenazah (updated 06 Agustus 2014)

Keranda Jenazah berikut Pemandian Jenazah Milik Musholla Al Hidayah Cipinang


Setelah sukses melaksanakan program ramadhan 2014M/1435H yaitu Buka Bersama dan Pemberian Santunan Anak Yatim di Lingkungan RW 09 seperti pada post sebelumnya (disini), maka program ramadhan 1435H berikutnya adalah pengadaan keranda dan pemandian jenazah.
Pengadaan keranda dan pemandian jenazah adalah menjadi hal yang penting untuk diadakan bagi Musholla Al Hidayah mengingat dalam lingkungan RW. 09 hanya tersedia 1 keranda dan pemandian jenazah yang disimpan di Masjid RW. Mengingat posisi Musholla Al Hidayah yang bersebelahan langsung dengan pemakaman Cipinang Gang Subuh, maka sudah seyogyanya Musholla Al Hidayah mempunyai keranda dan pemandian jenazah sendiri.
Perlu kita semua sadari, bahwa keranda dan pemandian ini adalah kendaraan dan pemandian terakhir bagi setiap manusia. Sebagus dan semewah apapun kendaraan dan kamar mandi yang pernah kita miliki, kelak apabila sang malaikat maut sudah menjemput nyawa manusia maka kendaraan dan pemandian mewah yang dahulu dimiliki menjadi tidak berguna lagi. Kendaraan dan pemandian terakhir manusia adalah keranda dan pemandian jenazah.
Setelah terkumpul dana dari para donatur sesuai dengan anggaran pengadaan keranda dan pemandian jenazah sebesar Rp. 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah), maka pengurus Musholla Al Hidayah mulai mencari informasi pengrajin/workshop pembuat keranda dan pemandian jenazah. Informasi awal yang masuk dari Bendahara Musholla Bpk Pardiono yang menginformasikan bahwa di daerah Cipayung terdapat sentra penjualan keranda dan pemandian jenazah. Kemudian, sebagai komparasi harga maka dicarilah informasi mengenai harga pasaran dari keranda berikut pemandian jenazah baik melalui internet, maupun dari masjid/musholla yang sudah memiliki keranda dan pemandian jenazah. Dari hasil pencarian informasi tersebut, didapatkan harga pasaran dari keranda berikut pemandian jenazah berada di kisaran Rp. 7.000.000,- (tujuh juta rupiah) sampai dengan harga Rp. 8.500.000,- (delapan juta lima ratus ribu rupiah). Dengan demikian berarti bahwa anggaran yang terkumpul dalam rangka program ramadhan 1435 H sudah mencukupi untuk segera dilakukan pembelian.
Sesuai dengan kesepakatan semalam sebelumnya, proses pengadaan keranda berikut pemandian jenazah akan dilakukan pada hari Ahad, 20 Juli 2014 pukul 10.00 WIB. Dengan support kendaraan dari Bpk Kusmayadi, tim pengadaan segera berangkat menuju Cipayung. Tim pengadaan ini terdiri dari:

  1. Bpk Abdul Basir selaku Ketua Musholla Al Hidayah
  2. Bpk Pardiono selaku Bendahara Musholla Al Hidayah
  3. Bpk Samsi selaku Ketua RT 09
  4. Bpk Ari selaku perwakilan pemuda Musholla Al Hidayah
  5. Bpk Lili selaku perwakilan pemuda Musholla Al Hidayah
  6. Bpk Aris selaku Jama’ah Musholla Al Hidayah
  7. Bpk Bayu Sapto K selaku Jama’ah Musholla Al Hidayah

Ketua RT. 09 Bpk Samsi dan Bpk Ari melihat langsung keranda dan pemandian jenazah yang dipajang

Dengan komando dari Bpk Abdul Basir dan navigasi/penunjuk arah Bpk Pardiono, kendaraan Kijang yang dikendarai oleh Bpk Lili melaju menuju Cipayung. Lokasi bengkel/workshop keranda dan pemandian jenazah Cipayung ini dicapai kurang lebih 45 menit dari Musholla Al Hidayah Cipinang. Sesampainya di kantor workshopnya, Bpk. Abdul Basir segera menemui perwakilan dari kantor untuk meminta penjelasan berikut spesifikasi dari keranda dan pemandian jenazah yang ditawarkan. Dari pihak penjual keranda dan pemandian jenazah yang diwakili oleh anak dari pemilik kantor dibuka harga awal sesuai price list yang ditawarkan, yaitu seharga Rp. 8.450.000,- (delapan juta empat ratus lima puluh ribu rupiah) yang meliputi:
  • Keranda Jenazah berikut pemandiannya
  • Kain tutup keranda dengan bahan kain bludru dengan hiasan tulisan kalimat shahadat dari benang emas
  • Bordiran benang emas pada kain tutup keranda yang menunjukan identitas pemilik barang (Musholla Al Hidayah Cipinang)
  • Gratis antar keranda berikut pemandian jenazah ke lokasi
  • Jaminan garansi seumur hidup


Setelah dilakukan negosiasi langsung pertelepon dengan pemilik workshop tersebut, Alhamdulillah harga bisa turun menjadi Rp. 8.000.000,- (delapan juta rupiah). Bahkan Kami mendapat informasi dari pemilik workshop bahwa di wilayah Jakarta Timur, pihak walikota Jakarta Timur mengadakan program untuk pengadaan keranda dan pemandian jenazah, jadi apabila Musholla Al Hidayah memerlukan barang tersebut bisa mengajukan ke pihak walikota Jakarta Timur. Namun, dari Kami lebih mengutamakan pengadaan keranda berikut pemandiannya secara swadaya daripada mengandalkan program dari walikota jakarta timur yang mungkin membutuhkan proses yang lebih lanjut.

Ketua Musholla Al Hidayah Bpk Abdul Basir melakukan negosiasi dengan perwakilan workshop cipayung

Dengan penawaran harga yang turun menjadi Rp. 8.000.000,-, Bpk Abdul Basir menyerahkan keputusan kepada tim pengadaan mengenai keputusannya, apakah langsung diambil atau mencari alternatif pembanding yang lain.
Akhirnya, sesuai kesepakatan bersama bahwa pengadaan keranda berikut pemandian jenazah dari workshop cipayung di tangguhkan dahulu setelah menemukan alternatif harga pembanding dari workshop lain.
Setelah meminta ijin kepada perwakilan workshop bahwa keputusan pembelian keranda berikut pemandian jenazah akan diinformasikan setelah di musyawarahkan lebih lanjut. Rombongan tim pengadaan langsung bergerak menuju ke daerah Mustika Jaya Bekasi.

Workshop www.kerandajenazah.com di Mustika Jaya Bekasi

Dengan berbekal alamat website workshopnya di www.kerandajenazah.com dan google maps, akhirnya tim bisa sampai ke alamat workshop www.kerandajenazah.com. Tak lama Kami tiba, sang pemilik segera tiba untuk menjelaskan mengenai spesifikasi teknis dari keranda dan pemandian jenazah buatannya.

Penjelasan mengenai spesifikasi teknis dari pemilik www.kerandajenazah.com


Pengecekan kualitas dan material keranda oleh tim pengadaan

Dari workshop www.kerandajenazah.com Kami mendapatkan harga yang lebih rendah daripada workshop keranda yang ada di cipayung. Adapun kelebihan yang akan didapatkan meliputi:

  • Harga lebih murah yaitu sebesar Rp. 7.200.000,- (tujuh juta dua ratus ribu rupiah)
  • Mendapatkan Keranda berikut pemandian jenazahnya
  • Bonus ember air 80 liter
  • Kain tutup keranda dengan bahan kain bludru dengan hiasan tulisan Ayat Kursi dari benang emas
  • Bordiran benang emas pada kain tutup keranda yang menunjukan identitas pemilik barang (Musholla Al Hidayah RT/RW. 09/09 Cipinang)
  • Gratis antar keranda berikut pemandian jenazah ke lokasi
  • Kemudahan keringanan pembayaran (boleh dicicil)
  • Garansi produk selama 1 tahun dan bebas biaya perbaikan
  • Sebagian keuntungan dari penjualan disisihkan untuk kegiatan amal


Diskusi internal tim pengadaan terkait penawaran dari www.kerandajenazah.com

Dengan pertimbangan-pertimbangan diatas dan pemeriksaan fisik langsung dari keranda dan pemandian jenazah yang dipajang, akhirnya tim pengadaan sepakat memutuskan bahwa pengadaan keranda dan pemandian jenazah untuk Musholla Al Hidayah Cipinang dibeli dari workshop www.kerandajenazah.com.

Administrasi pembayaran material pengadaan

Setelah Bpk Abdul Basir melakukan administrasi pembayaran dan term bahwa keranda berikut pemandian jenazahnya dikirim segera ke Cipinang, maka tim pengadaan keranda berikut pemandian jenazah segera pulang ke cipinang kembali dan melaporkan hasilnya kepada jama’ah Musholla Al Hidayah.
Dan Alhamdulillah, pada sore harinya keranda berikut pemandian jenazah untuk Musholla Al Hidayah sudah sampai dan tersimpan di Musholla Al Hidayah Cipinang.

Bpk Kusmayadi, salah satu tokoh masyarakat RT 09 sedang meninjau keranda jenazah Musholla Al Hidayah

Bpk Kusmayadi tampak serius melihat kualitas keranda jenazah inventaris Musholla Al Hidayah
Dengan demikian maka program Ramadhan 1345H Musholla Al Hidayah yang meliputi program Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim di lingkungan RW. 09 dan program Pengadaan Keranda dan Pemandian Jenazah dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan tetap memegang teguh amanah yang sudah dipercayakan dari para donatur kepada Musholla Al Hidayah. Adapun dari keseluruhan biaya yang sudah dikeluarkan untuk kedua program tersebut di atas terdapat sisa yang nantinya akan tetap dimanfaatkan untuk kepentingan/program Musholla Al Hidayah berikutnya. Berikut ini adalah rekapitulasi keuangan terhadap program ramadhan 1435H Musholla Al Hidayah.



Semoga keranda dan pemandian jenazah yang sekarang dimiliki oleh Musholla Al Hidayah bisa bermanfaat bagi warga di sekitar Musholla Al Hidayah.

Rekapitulasi Penerimaan Sumbangan Amal untuk Program Adhoc Ramadhan 1435H Musholla Al Hidayah (update 02 Agustus 2014)


No comments:

Post a Comment