Drop Down Menu

Monday 21 July 2014

Kegiatan Buka Bersama dan Santunan kepada Anak Yatim di lingkungan RW. 09 Cipinang

Kegiatan Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim di Lingkungan RW. 09 Cipinang yang dilaksanakan oleh Musholla Al Hidayah


Kegiatan buka bersama dan santunan kepada anak yatim di lingkungan RW. 09 Cipinang ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, 13 Juli 2014 bertempat di Musholla Al Hidayah. Dengan kegiatan ini diharapkan tumbuh kepedulian masyarakat/jamaah di sekitar Musholla Al Hidayah untuk selalu berbagi dan peduli terhadap anak yatim/piatu di sekitarnya.
Dari data yang didapatkan dari pihak RW 09, bahwa jumlah anak yatim adalah 37 anak. Data tersebut dijadikan sebagai dasar untuk undangan kepada anak-anak yatim di lingkungan RW 09.
Acara buka bersama dengan anak yatim ini dihadiri oleh 26 anak yatim/perwakilan, tamu undangan dan jamaah Musholla Al Hidayah. Menginjak pukul 15.00 WIB, acara buka puasa ini dibuka setelah sebagian besar anak yatim/perwakilan yang diundang sudah hadir.

Acara ini dibawakan oleh Sdr. Nunu (Remaja Musholla) dengan mengucapkan Basmallah, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua RT 09 yaitu Bapak Samsi. Dalam sambutannya, Bapak Samsi menegaskan bahwa kegiatan buka bersama dan santunan kepada Anak Yatim di lingkungan RW. 09 ini adalah kegiatan yang positif dan patut ditiru oleh lembaga-lembaga keagamaan yang ada di lingkungan RW. 09. Dengan adanya acara buka puasa dan santunan kepada anak yatim ini menjadikan warga menjadi peduli kepada anak yatim yang memang sudah sewajibnya disantuni oleh orang yang mampu.

Sambutan berikutnya diberikan oleh Ketua RW 09, Bapak Sumardi AB. Sebagai Ketua RW dan Pembina Musholla di lingkungan RW 09 ini, Bapak Sumardi AB memberikan sambutan yang cukup baik terhadap kegiatan amal yang dilakukan oleh Musholla Al Hidayah. Kegiatan santunan kepada anak yatim ini diharapkan menjadi trend setter atau patut di contoh oleh Masjid atau Muhsolla-musholla yang ada di lingkungan RW 09 khususnya dan di Kecamatan Cipinang secara umum. Selain ini, Bapak Ketua RW. 09 juga menekankan kepada seluruh jamaah Musholla Al Hidayah dan warga di sekitarnya untuk selalu meningkatkan kewaspadaannya terkait dengan keamanan lingkungan menjelang akhir bulan ramadhan. Menjelang penghujung bulan ramadhan, banyak warga jakarta yang masih mempunyai orang tua di kampung/desa yang akan melaksanakan mudik lebaran menuju ke kampung halaman orang tuanya. Pada saat mudik ini, rumah akan ditinggalkan kosong. Kondisi tersebut bisa mengundang para pelaku kejahatan untuk melakukan tidak kejahatan pencurian. Untuk itu, dihimbau kepada seluruh jamaah Musholla Al Hidayah dan warga sekitarnya untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaannya terhadap kemungkinan tidak pencurian dengan cara mengaktifkan kegiatan ronda dan memberitahukan jadwal mudik kepada pengurus RT atau tetangga terdekat untuk selalu memonitor keadaan rumah yang ditinggalkan.

Pada kesempatan selanjutnya, Ketua Musholla Al Hidayah Bpk Ust. Abdul Basir memberikan sambutan dan tausiah kepada para anak yatim di lingkungan RW. 09 agar tidak minder, tetap bersemangat dalam meraih cita-citanya. Cita-cita yang tinggi adalah impian dan harapan semua anak, bukan hanya milik anak yang masih mempunyai orang tua saja, namun seorang anak yang terlahir sebagai anak yatim pun tetap berhak untuk mewujudkan impiannya tersebut. Asalkan selalu berdoa dan berlandaskan niat yang sungguh-sungguh, Insya Allah cita-cita anak yatim tersebut akan tercapai.


Acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian santunan dan makanan berbuka puasa kepada anak yatim yang diundang. Pembagian santunan diberikan secara langsung oleh Ketua RW. 09 Bapak Sumardi AB selaku pembina musholla di lingkungan RW. 09, sedangkan makanan berbuka puasa dibantu dibagikan oleh pemuda dan remaja Musholla Al Hidayah.



Beberapa menit menjelang saatnya berbuka puasa diisi dengan mendengarkan ceramah singkat dari ustadz pengasuh Musholla Al Hidayah, yaitu Ustadz Abdul Majid. Dalam ceramahnya, Ustadz Abdul Majid memberikan apresiasi yang sangat baik atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Musholla Al Hidayah ini. Beliau menekankan bahwa dengan melakukan zakat, amal, infaq dan sedekah merupakan salah satu cara untuk mensucikan harta benda yang kita miliki. Dengan mengibaratkan bahwa harta/uang yang tiap hari/bulan kita terima itu sebagai makanan yang senantiasa kita makan, maka diperlukan proses pengeluaran sisa makanan/ampas dari makanan yang kita makan tersebut. Proses pengeluaran ampas dari apa yang kita makan tersebut adalah analogi dari sedekah kita, dimana setiap harta yang masuk ke kita diperlukan juga pengeluaran sedikit harta dari kita yang berfungsi sebagai bagian dari metabolisme harta. Bisa dibayangkan apabila manusia yang setiap hari makan, namun tidak bisa mengeluarkan ampas/sisa makanan?? Tentunya hal tersebut akan menimbulkan penyakit yang mengancam kesehatan diri kita. Untuk itu dengan sedekah, diharapkan bisa menjadi pembersih/penyuci dari harta-harta yang masuk dalam kehidupan kita. Di penghujung ceramahnya, Bpk. Ustad Abdul Majid berdoa agar kita semua yang hadir dan yang mendengarkan ceramahnya senantiasa diberikan kecukupan harta sehingga senantiasa bisa melakukan sedekah kepada umat yang membutuhkan.
Pada acara buka bersama anak yatim di lingkungan RW. 09 tahun 2014M/1435H ini dihadiri oleh anak yatim seperti tercantum dalam daftar hadir berikut ini:

Berikut ini adalah rekapitulasi perolehan sumbangan kegiatan buka bersama dan santunan anak yatim, pengadaan keranda dan pemandian jenazah di Musholla Al Hidayah.

Papan Rekapitulasi Infak Program Adhoc Ramadhan 1435H Musholla Al Hidayah
Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pihak yang mendukung suksesnya kegiatan ini baik dari sisi panitia, remaja musholla dan pihak RW 09, bagi para donatur acara semoga Allah senantiasa melimpahkan rezeki dan melipatgandakan amal ibadahnya. Tanpa kontribusi dan bantuan dari semua pihak yang terlibat, mustahil acara amal ini bisa berjalan dengan sukses.

Adapun untuk dokumentasi lengkap mengenai kegiatan Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim di Lingkungan RW. 09 bisa dilihat disini.


No comments:

Post a Comment