Drop Down Menu

Friday 15 May 2015

Saat-saat Terakhir Bersama Rasulullah SAW



Edisi 320/ Januari 2015/ Rabi’ul Awwal 1436 H




Kematian dan kepergian orang-orang ternama memang selalu menarik dan mengundang perhatian. Namun, betapapun menariknya kepergian mereka, tetap tidak bisa dibandingkan dengan kepergian Nabi saw. Inilah yang semestinya kita ketahui sebagai seorang muslim agar kita bertambah cinta kepada beliau dan agar kita mengetahui bahwa kematian beliau memang merupakan kematian yang istimewa.

Setelah selama 23 tahun tanpa kenal lelah Rasulullah saw berdakwah; setelah selama itu beliau terus berjuang, menghabiskan malamnya dengan tangisan, kekhusyuan, dan ibadah serta beliau habiskan siangnya untuk berdakwah, mendidik umat, berjuang, dan memberikan petunjuk kepada manusia, tibalah saat-saat beliau menghadap pergi kepada Sang Pencipta. Tanda-tanda tersebut khususnya tampak ketika beliau menerima ayat yang terakhir, “Pada hari ini telah Kusempurnakan untukmu afamamu telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku, serta telah Kuridhai Islam sebagai agamamu” (al-Maidah: 3). Juga setelah Rasulullah saw menerima surat an-Nashr sebagai surat terakhir yang turun kepada beliau.


Setelah membacakan ayat tersebut, beliau bersabda, “Wahai manusia, ambillah dariku manasik kalian. Barangkali aku tidak akan melihat kalian lagi setelah tahun ini.” (HR. Muslim).

Mendengar perkataan beliau tersebut, terdengarlah tangisan dimana-mana. Isyarat perpisahan dengan Rasulullah saw sudah dekat. Air mata kesedihan mengalir bagai air sungai yang deras.

Sepulang dari haji, beliau berkunjung ke tempat pemakaman Baqi di Madinah yang merupakan tempat para syuhada Uhud dikuburkan. Kemudian beliau pulang dalam keadaan sakit kepala yang hebat. Sakit tersebut semakin lama semakin bertambah parah disertai panas yang luar biasa. Sampai-sampai ketika Abdullah bin Mas’ud mengusap badan beliau, ia berkata, ”Ya Rasulullah, engkau menderita sakit yang parah.” Mendengar hal itu beliau menjawab, “Ya, sungguh sakitku ini seperti sakit yang diderita oleh dua orang di antara kalian.”

Namun, meski dalam kondisi sakit semacam itu, beliau tetap berusah untuk berjumpa dengan para sahabat. Disebutkan bahwa beliau keluar menemui orang-orang dalam keadaan kepala dililit dengan kain yang tebal seraya dipapah oleh Ali bi Abi Thalib dan Fadhal ibn al-Abbas. Setelah sampai di masjid dan menatap orang-orang yang hadir beliau bersabda,

“Assalamu alaikum wa rahmatullah wa barakatuh. Wahai kalian manusia, sebentar lagi aku akan berjumpa dengan Tuhan dan aku akan menceritakan pada kalian sikap dan penerimaan kalian terhadapku. Wahai manusia, jika ada di antara kalian yang pernah aku caci, aku hardik, dan aku ambil hartanya, segeralah menuntut ganti dan balasan dariku sebelum datang hari yang saat itu dinar dan dirham tak lagi berguna.” Mendengan ucapan beliau, Anas berkata, “Aku melihat orang-orang menundukkan kepala sambil menangis.”

Sebelum meninggal, beliau masih sempat disiwak oleh Aisyah. Tepat ketika Abdurrahman ibn Abu Bakar melihat kondisi beliau sambil membawa siwak. Ketika melihat siwak di tangan Abdurrahman beliau memberi isyarat bahwa beliau ingin bersiwak. Namun lisan beliau tak mampu untuk mengucapkannya. Aisyah ra, isteri beliau mengetahui hal tersebut. Ia lunakkan siwak tersebut dengan mulutnya lalu diberikannya kepada Rasul saw. Aisyah ra berkata, “Itulah terakhir kali air liurku bercampur dengan air liur beliau.”

Beliau bersandar di pangkuan Aisyah ra. Pada saat yang semakin berat, beliau memasukkan kedua tangan ke bejana air dan mengusapkan ke wajahnya seraya berkata, “La ilaha illallah, sesungguhnya kematian itu ada sekaratnya.”

Setiap kali melihat sang ayah, Fatimah ra berkata, “Ayah sungguh menderita.” Namun beliau menjawab, “Setelah hari ini, tidak ada lagi derita atas ayahmu.” Lalu beliau mengangkat tangan, mengarahkan pandangan ke langit, lalu berdoa, “Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, pertemukanlah aku dengan kekasih Yang Maha Tinggi, Kekasih Yang Maha Tinggi.”

Tidak lama kemudian, beliaupun pergi meninggalkan dunia di pangkuan Aisyah ra. Beliau dishalatkan dan dikuburkan sebagaimana layaknya manusia. Beliau meninggal dunia tanpa meninggalkan harta, rumah mewah, istana megah, atau jabatan. Beliau pergi dengan tangan yang bersih, wajah yang berseri, dan hati yang suci. Beliau hanya meninggalkan agama yang abadi dan risalah yang luhur. Warisan paling berharga dari beliau adalah kitab suci Alquran dan As-Sunnah.

Demikianlah kepergian sosok manusia agung itu. Hidup beliau dipersembahkan untuk umat dan untuk memberikan hidayah kepada seluruh manusia. Oleh sebab itu, perbanyaklah membaca shalawat dan salam untuk beliau. Ikutilah ajaran beliau. Amalkanlah sunnahnya sekuat tenaga. Sebab, kecintaan dan penghormatan yang hakiki terhadap beliau adalah dengan memegang teguh sunnah beliau, meniru perilaku beliau, dan berakhlak dengan akhlak beliau. Itulah cinta yang sebenarnya. Semoga Allah menghimpun kita nanti di hari kiamat sebagai umat beliau. Amin.#



*diambil dari Buletin Al Iman (www.alimancenter.com)

No comments:

Post a Comment